Senin, 01 November 2010

Tugas Ekonomi Koperasi 1

Nama : Nuri Novianti Pramesti
Kelas : 2EB19
NPM : 22209557
Tugas Ekonomi Koperasi
1. Istilah koperasi, gotong royong, dan tolong menolong sama-sama mengandung makna “kerjasama”. Coba jelaskan perbedaan pokok dari makna kerjasama tersebut. Berikan contoh penerapan masing-masing istilah tersebut!
KOPERASI, GOTONG ROYONG DAN  TOLONG MENOLONG
♣    Koperasi
Mengandung makna “Kerja Sama”, ada juga mengartikan ‘menolong satu sama lain’. Arti kerjasama bisa berbeda-beda tergantung dari cabang ilmunya. Koperasi berkaitan dengan fungsi-fungsi :
·        Fungsi Sosial
·        Fungsi Ekonomi
·        Fungsi Politik
·        Fungsi Etika
♣ Gotong Royong
Gotong Royong adalah kegiatan bersama
♣ Tolong Menolong
Tolong-menolong atau bantu membantu menunjukkan pada pencapaian tujuan perorangan (Mubyarto).
►► Gotong royong dan tolong-menolong lebih bertujuan sosial, bukan bertujuan ekonomi. Koperasi mempunyai tujuan ekonomi yang lebih konkrit.
Contoh Penerapan Kerjasama dalam Gotong Royong
Ciri khas bangsa Indonesia salah staunya adalah gotong royong, kita mengetahui bahwa modernisasi dan globalisasi melahirkan corak kehidupan yang sangat kompleks, hal ini seharusnya jangan sampai membuat bangsa Indonesia kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya. Akan tetapi dengan semakin derasnya arus globalisasi mau tidak mau kepribadian tersebut akan terpengaruh oleh kebudayaan asaing yang lebih mementingkan individualisme.
Dalam kehidupan ekonomi misalnya, yang semula bangsa Indonesia berdasarkan pertanian, setelah masuknya masa industrialisasi, semangat gotong royong masayarakat berkurang, hal ini disebabkan karena masyarakat sekarang cenderung besifat individualistis, sehingga ada anggapan umum ” hidup bebas asal tidak mengganggu kehidupan orang lain”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar